RSS

Agar Tak Mudah NGANTUK di kelas

08 Dec

Tips.

Agar Tak Mudah NGANTUK di kelas

 

            Rasa ngantuk suka datang kapan saja. Begitu pula saat kita mengikuti pelajaran dikelas, terutama kalau pas pelajarannya susah, dan cara mengajar guru/ dosen kurang menarik. Ketika Mencatat, tahu-tahu tulisan kita telah berubah seperti ceker ayam, dan tak terbaca.

 

Hal ini kalau dibiarkan tentu merugikan, karena menyebabkan kita kehilangan konsentrasi, dan tak bisa menyerap pelajaran dengan baik.

Lalu bagaimana tips mengusir rasa ngantuk di kelas ?

Beberapa hal berikut mungkin bisa kamu lakukan :

1. Izin Keluar Kelas.

Mintalah izin keluar kelas untuk cuci muka dan berwudhu. Insyaallah saat kembali ke kelas, kamu akan lebih segar dari sebelumnya.

2. Merenggangkan otot.

Kegiatan ini cukup dilakukan di bangku saja. Tarik tanganmu ke atas dan ke samping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu. Kalau guru atau dosen bertanya kamu lagi ngapain, bilang saja terus terang kalau kamu lagi perenggangan otot biar gak ngantuk.

3. Duduk di depan.

Kebanyakan orang yang ngantukan ( sering ngantuk ), suka memilih duduk di belakang, biar kalau ketiduran, gak ketahuan. Ternyata cara ini justru bisa memelihara ngantukmu. Coba kalau kamu duduk di depan. Dengan duduk di depan, kamu jadi lebih waspada. Kewaspadaan kamu malah membuat tubuh kamu otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuh kamu dalam keadaan selalu “STAND BY!!”.

4. Duduk Tegak.

Tahukah kamu? Postur tubuh yang kurang oke, bisa bikin otot jadi lelah. soalnya otot dan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra dibanding kalo tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunkan aliran darah ke otak sampai 30%!.

5. Makan Permen.

Cobalah makan permen untuk mengusir kantuk. Gak usah banyak-banyak, dan gak usah heboh mengulum atau mengunyah-ngunyah. Cukup di “emut” saja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra pengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Nah, yang tadinya mata kita redup karena ngantuk, mau gak mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek lagi. Tapi kalau ada larangan makan permen di kelas, sebaiknya ini jangan dilakukan. Tunggu saat istirahat.

6. Latihan Pernapasan.

Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampai ke dasar membantu kamu bikin tubuh tetap terjaga, karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.

7. Self Talk.

Ya ini memang artinya ngomong sendiri. Tapi ngomong bukan sembarang ngomong, melainkan memberi sugesti ke pikiran kamu biar tetap berpikir positif. Dengan cara ini, kita memprogram pikiran bawah sadar kita. Misalnya, bilang “Saya akan tetap terjaga”,”Saya tidak akan tertidur…”

Kalau takut di bilang linglung, boleh ngomong didalam hati, tapi katakan itu berulang-ulang, sesering dan seintens mungkin. Pikiran inilah yang nantinya jadi sugesti dalam pikiran bawah sadar kamu. Sugesti ini yang nanti bakal “ngingetin” dengan keras kalau mata kamu mulai meredup lagi.

8. Cari Tahu Penyebabnya.

Cobalah cari tahu, apa yang bikin kamu ngantuk? Kalau kamu ngantuk gara-gara kurang tidur, keseringan begadang hingga tengah malam, maka berarti ngantuk yang menyerangmu itu karena kesalahan kamu sendiri. So, sebaiknya kamu jangan suka membuang waktu dengan begadang. Kalau ternyata kamu ngantuk karena perutmu kekenyangan, berarati kamu harus mengurangi porsi makanmu.

Semoga tips diatas bisa membantu…

 

By : M.S.A

 

 

           

 

 

 
Leave a comment

Posted by on December 8, 2011 in Uncategorized

 

Leave a comment